Kenapa Terusan Panama Tidak Bisa Menjadi Saluran Terbuka Antara Dua Samudra?

Seperti yang kita ketahui bahwa Terusan Panama. memiliki panjang sekitar 82 km yang memotong tanah genting Panama, memisahkan Amerika Utara dan Amerika Selatan serta menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik. Terusan ini mempersingkat jarak dan waktu tempuh laut karena tidak perlu memutar lewat ujung Amerika Selatan.


Terusan Panama secara sederhana menggunakan sistem hidrolik untuk dapat melewati pegunungan tanah genting Panama.

Nah sesuai dengan judul pada tulisan kali ini, kenapa Terusan Panama tidak bisa menjadi saluran terbuka antara Samudra Pasifik dan Atlantik?

Sebenarnya bisa saja Terusan Panama menjadi saluran yang terbuka antara Samudra Pasifik dan Atlantik. Pertama akan diperlukan pengerukan yang lebih dalam sepanjang terusan sehingga akan memakan biaya pembangunan yang lebih besar.

Kedua pada saat tingkat ketinggian air rata-rata di tingkat yang sama maka akan ada arus pasang dan surut  yang berarti air akan mengalir ke dua arah pada waktu yang berbeda, menyulitkan navigasi, dan meningkatkan persyaratan perawatan.

Terusan terbuka antara Atlantik dan Pasifik juga akan meningkatkan kemungkinan spesies invasif dari satu sisi menuju ke sisi yang lain dan menyebabkan masalah ekologis.

Begitulah penjelasan secara sederhana yang dapat kami sampaikan tentang Terusan Panama semoga menjadi berita yang bermanfaat.

Sumber : http://ms.wikipedia.org/wiki/Terusan_Panama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa Beberapa Orang Yang Sangat Jenius Begitu Pendiam?

Hal Unik Yang Dimiliki Oleh Tubuh Manusia